Instagram: Ubermoon

Tuesday, April 15, 2014

Travel Bloggers Indonesia..



'Kamu gabung TBI nggak, Bul?'
'Enggak, aku dulu ikutnya LIA.'
'HAH?!'

Begitulah penggalan percakapan saya dan seorang teman (yang sekarang saya lupa siapa, antara Fahmi atau siapa gitu) yang kemudian mengantarkan saya pada sebuah fakta bahwa TBI yang dimaksud adalah Travel Bloggers Indonesia, bukan The British Institute. Alamak!

Travel Bloggers Indonesia, atau yang disingkat TBI, adalah wadah bagi para blogger muda Indonesia untuk berbagi pengalaman perjalanan. Tidak hanya tentang Indonesia tetapi juga tentang perjalanan keliling dunia. Dari TBI, saya menemukan banyak cerita yang bisa menemani dan memperkaya pengalaman serta mendorong hasrat untuk jalan-jalan lagi. Dari TBI saya juga belajar bagaimana untuk menjadi pejalan yang lebih peka melihat segala sesuatu di sekeliling dan belajar bagaimana menuliskannya dengan baik dalam blog. Dari TBI juga saya bisa 'merasa' kenal dekat dengan banyak travel bloggers lainnya. Benar adanya bahwa kehadiran TBI menjadi sebuah pengikat rasa antara sesama penggemar perjalanan.

Mau tahu kuncian lain yang membuat saya ingin sekali bergabung dengan TBI?

Kewajiban untuk setidaknya memuat dua tulisan per bulan lah yang menurut saya sebagai blogger paling rajin seIndonesia  menjadi penting. Dengan bergabung dalam TBI, saya didorong untuk menjadi lebih produktif. Dengan menjadi lebih produktif, saya yakin jadi bisa lebih terlatih untuk menulis dengan baik. Dan dengan menulis lebih baik, semoga tulisan saya bisa lebih berguna untuk pembaca. Ihir!!

Untuk bisa menikmati cerita perjalanan banyak member TBI memang tidak harus menjadi member. Cukup klik logo 'Travel Bloggers Indonesia' di tab samping blog saya, gratis! Tak dipungut biaya apapun! Coba deh main-main ke sana. Banyak sekali yang bisa dipelajari dan dibaca untuk menambah referensi dan pengalaman rasa. Mau yang lebih mudah, follow TBI via Twitter di AHA atau via Facebook di IHI.

Eh sekarang TBI lagi buka pendaftaran member baru juga. Klik saja tautan di sebelah dan ikuti prosesnya. Dengan jadi anggota TBI, kita bisa cross-post tulisan. Tulisan kita makin kece deh dibaca banyak orang. Uhuy! Yuk ayuk daftar yuk!

Ya kalau nggak daftar, main-main lah ke situsnya Travel Bloggers Indonesia ya. Hiho!

Senyum dulu ah.. :)

No comments:

Post a Comment